Menelusuri jejak database Plugin Form WordPress


Setelah pernah bermain-main dengan dengan Google form hingga mampu mebuat limit session  menggunakan Form Ranger, disaat yg sama terpikir apakah kita tidak bisa menyimpan di local cloud directory toh kita mempunyai resources yang cukup untuk mengelola database lokal, mengapa harus bergantung pada cloud mainstream sehingga tidak semua data kita tersimpan disana.

Pada WordPress yang kita install offline atau hosted, ternyata sampai saat ini sudah banyak disediakan Plugin Form, misal Ninja Form,  Contact Form dan sebagainya.  setelah 1-2 hari melakukan intalasi  plugin Ninja tersebut di kantor, ternyata kita hanya diberi menu download submission berupa  file .csv., sedangkan pada database kita akan kesulitan menelusurinya.

yah, masih mending bisa dapat datanya, tapi.. menu download submission data tersebut suatu saat bisa saja dinonaktifkan atau dikomersilakan bersama dengan fitur advanced yg lain. jika itu terjadi wassalam. tapi tenang saja sobat IT, setelah googling, akhirnya saya telah menemukan jejak datanya, tidak terpikir bahwa data-nya jadi satu dengan database kita, setelah googling hasilnya……

Submissions are stored in the wp_post table as a custom post type called nf_sub.

datanya disimpan di tabel wp_post dan tabel wp_postmeta  yang telah dikustomisasi oleh berbagai role tabel lain yg disebut kelompok tabel nf_sub.

nah, sekarang, terserah teman-teman, mau diapain,

kalo saya sih rencana bikin trigger untuk membuat semacam limit session seperti yang dilakukan di CI dan GForm dulu.

Semoga membantu.

 

My own TCI


hai netter

Salam…

kembali ane ingin ngeshare pengalaman di bidang oprek kecil-kecilan tunggangan,

setelah 5 tahun pakai si BLue yang tangguh, akhirnya memutuskan untuk ganti kendaraan, tunggangan ane dan myfam’s sekarang sudah ganti MPV lawas, mobil sejuta ummat pada jamannya, yaitu si Kijang G.

mau bagaimana guess, mau beli MPV yang superirit belum cukup goceknya.

awalnya kaget, konsumsi BBM si ijo ini boros banget, kadang tidak sampai 10 kilometer per liter, padahal jarak ke tempat kerja kurang lebih 14 km

Exif_JPEG_420

sampai akhirnya, dapat info tentang membuat TCI yang simple.

img_01351

ohy. apa itu TCI, TCI singkatan dari transistor crontrol ignition atau transistor menjadi pengganti platina yang melakukan tugas pengkosletan, sehingga setelah dengan adanya alat ini Si platina Cuma menjadi pemberi perintah saja. pada system yg umum platina bekerja sebagai pemberi dan pelaksana perintah . impact-nya platina jadi dingin,bersih,awet,bebas penyetingan berkala
pengapian selalu sempurna krn daya yg masuk ke coil stabil..sistem konvensional tdk stabil krn platina panas sehingga kotor/gosong membuat daya yg masuk ke koil berkurang drastis mudah dinyalakan saat pagi hari
-tenaga nambah tapi hemat bensin
-platina selalu bersih dan awet bertahun2
-bebas penyetingan berkala.

Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420

ohy, IC Mosfet-nya sudah ane ganti dengan IRFP460 untuk mengurangi panas + fan kecil,

sampai ane tulis ini baru jalan hampir 2000 km, 2x mudik  dan jalan2 ke malang

Bismillah Awet.

Solusi Mengatasi Situs CPNS Online Yang lemot


Sangat banyak teman-teman calon peserta Seleksi CPNS 2018 yang sangat mengeluhkan situs-situs CPNS Online Yang Error Atau Tidak Dapat Di Akses. Jujur saja sayapun tidak tahu pasti apa penyebab pasti situs-situs tersebut error atau Blank? Namun saya menduga hal ini terjadi karena beberapa hal sebagai berikut:
1. Jaringan Lemot
Jika jaringan yang kita gunakan untuk mengakses portal sscn.bkn.go.id lambat loading (lola), bisa dipastikan halaman portal tersebut tidak terbuka dengan sempurna. Jangankan portal SSCN, namun portal atau situs-situs lain pun tidak akan terbuka dengan sempurna jika jaringan yang kita gunakan memiliki kecepatan yang lemah.
2. Server Sibuk (Overload)
Sebagaimana yang kita tahu bahwa penerimaan CPNS tahun 2018 ini terbilang cukup banyak formasi yang dibutuhkan, sehingga jumlah pelamarun banyak yang sedang mengakses server tersebt.

3. Adanya Pembaharuan (Update)
Nah faktor penyebab upload dokumen di SSCN error yang ketiga bisa dikarenakan adanya pembaharuan atau input data yang dilakukan oleh pihak panitia ataupun Admin portal https://sscn.bkn.go.id dan portal CPNS 2018 lainnya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab sehingga tampilan portal tersebut tidak terbuka dengan sempurna.
Dengan merujuk kepada tiga kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya error pada website SSCN seperti yang disebutkan di atas. Maka beberapa solusi yang mungkin sedikitnya bisa membantu teman-teman yang saat ini memang sedang mengalami kendala akan hal tersebut. Silahkan simak di bawah ini.

Solusi Mengatasi Upload Dokumen Yang Error di SSCN
1. Jika anda merasa jaringan anda memang lambat, solusinya silahkan gunakan koneksi yang lain yang lebih kencang, dan silahkan juga gunakan komputer/laptop lain, jika diperlukan silahkan langsung ke warnet.
2. Jika anda merasa bahwa anda tidak mempunyai masalah terkait koneksi jaringan internet anda, maka kemungkinan servernya sedang sibuk atau sedang ada pembaharuan (update) portal SSCN. Solusi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:
Tekan di keyboard tombol Logo Windows + R (Bersamaan) Kemudian Ketik CMD seperti contoh penerapan berikut. Masukkan kode : ping sscn.bkn.go.id -t  dan tunggu kira-kira sampai 1 menit Terakhir,
silahkan buka kembali portal https://sscn.bkn.go.id atau portal.CPNS.2018.lainnya Cara ini berguna untuk mengecek ping jaringan dan website saja, namun dengan cara ini otomatis komputer akan mendeteksi bahwa situs tersebut adalah situs yang sudah dibookmark, sehingga dengan begitu akan menjadi lebih cepat untuk masuk ke website atau portal yang sedang sibuk tersebut. Ibaratnya komputer kita sudah mengetahui dan menyimpan tampilan website yang kita tuju, dengan begitu kita akan menjadi lebih cepat karena komputer sudah mengenalinya terlebih dahulu.
3. Jika permasalahannya memang dikarenakan ramainya pengunjung yang mengakses secara bersamaan, maka jika cara tersebut di nomor 2 tidak mampu mengatasi masalahnya, maka silahkan anda akses atau membuka kembali portal https://sscn.bkn.go.id pada saat lengang, antara jam 1 sampai jam 4 dini hari.
4. Jika ketiga cara diatas juga tidak dapat mengatasi permasalahan tersebut, cara terakhir adalah BERSABAR. Kenapa harus bersabar? Karena memang tidak ada solusi lain selain bersabar, usaha sudah, tapi tetap belum bisa, apa mau dikata? ya sudah sabar-sabar aja sampai bisa. Namun dengan catatan anda harus sering-sering mencoba kembali. Jangan sampai hingga batas akhir pendaftaran anda belum berhasil mengupload dokumen dan mencetak nomor. Dan jika pun hal itu terjadi, siapa yang salah? Saya juga tidak tahu, kita tunggu saja bagaimana nantinya solusi yang diberikan oleh pihak Panitia Penerimaan CPNS 2018.

Passive nulis


hai blogger, Salam

tak terasa dunia berputar terus hingga hari ini menjelang pertengahan  tahun 2018,

tak terasa semakin tua bukannya semakin tenang malah makin sibuk duniawi, hingga kebiasaan lama brosing dan berlama-lama di depan internet dan gadget semakin tergeser oleh urusan -urusan yang UUD.

Passive nulis = lama kagak nulis disini maksudnya… hehe

karena lama gk nulis, sebagai info aja neh, skrg ane sudah punya 2 inces.. yg pertama si-D pernah diupdate 3 tahun yg lalu. nah yg ke-2 ini lupa belum update, usianya skrg sdh 10 bulan.. si ce- lagi yag katanya sbagian orang sih mirip ayahnya.ini dia penampakannya,

cakep kayak ayahnya bukan…

trus mau nulis apa lagi ya…

mau update tunggangan kayanya tetep si Blue.. Ins Shaa Allah akhir tahun ini berencana ganti.. Amiin. ohya.. setahun terakhir uda jarang pakai si nex karena faktor mungil buat ber-4 ama krucil2, sebagai gantinya punya skutik va–*** lama, kurang nyaman sih, tapi mau bagaimana lagi terlanjur beli dipakai dulu deh

nex .. Update ane pengen nulis bromo n Gili Ketapang karena sebelum puasa ini ane mo kesana. Semoga perjalanan berangkat-pulang diberi Keselamatan.. Amiin

 

 

Sedikit tentang sejarah..


setelah lama ngikutin beberapa blogpost oto di tanah air, nda sengaja baca tulisan ini.

Mobil Jepang kuat di Indonesia karena factor pemasaran aja dan lebih dikarenakan ada pemberian pasar khusus dari Eropa atas permintaan Amerika, dan ironisnya justru Negara kita menjadi korbannya.

Ketika Jepang kalah PDII, Eropa dan Amerika mewskipun menang perang naming mengalami resesi yang luar biasa, disisi lain adalah suatu bahaya apabila Jepang yang sudah di Bom Atom oleh Amerika masuk kedalam Blok Komunis, dan setiap perjuangan komunis selalu berawal dari kemiskinan Rakyat.

Maka perlulah dicari suatu area atau Negara kaya sebagai perahan guna menyetabilkan ekonomi mereka. Dibawah Orde Baru terpilihlah Indonesia sebagai Negara target tersebut. Bukan tanpa perlawanan rakyat, pergerakan Mallari sangat aktif menentang Jepang untuk menjejalkan produk2nya di republic ini, betapa tidak pada tahun 45 mereka aktif membunuh para pria dan memperkosa wanita-wanita Indonesia namun tidak sampai 20 tahun kemudian harus mengundang pengkhianat Asia tersebut memjejalkan produk2nya di Indonesia.

namun apa daya kekuatan mahasiswa saat itu mendapat perlakuan yang sangat represif dari rezim yang berkuasa. Amerika menyerahkan pasar otomotifnya kepada Jepang bukan tanpa pamrih. Dibuatlah suatu scenario khusus dimana:
1. Jepang diminta menjauh dari pengelolaan seluruh sumur2 minyak di Indonesia, sebagai kompensasinya Jepang akan mengusai pangsa pasar otomotif dan elektronik Indonesia.
2. Amerika akan memberikan bantuan (riba) kepada pemrintah Indonesia dan memaksa agar pemerintas mensubsidi harga BBM (padahal sumurnya punya kita dan hutangnya harus kita bayar hingga saat ini), kepada rakyat. Hal ini memberikan kesan baik sebagai pemimpin yang mampu mensejahterakan dan menurunkan harga beli masyarakat, padahal ujung2nya anak cucunya semodel kitalah yang harus menanggung ketika sumur2 kering dan hutang menumpuk.

Disisi lain subsidi BBM ini akan menurunkan perlawanan rakyat2 didaerah akan penyerobotan asset2 mineralnya, karena mereka menganggap bahwa minyak itu murah, dan bagi si Jepang subsidi BBM ini akan pula membuat produk2nya cepat diserap rakyat-rakyat sok gaya pada masa lalu.

Jadi jika sekarang membandingkan produk mana yang terbaik?, kesimpulannya terserah desain para agen2 ekonomi asing dalam mempengaruhi pejabat2 kita saja sih mau dibikin bagaimana, ..
karena toh sebetulnya kita semua yang goblok mau dijejalin produk mereka.

How to configure Mikrotik Router OS Basic Command line step by step Configuration


Langkah 1 : KOnfigurasi IP Address interface lokal dan WAN
ether1 ( connected to WAN with IP : 192.168.1.20/24)
ether2 ( connected to local Network with IP=172.16.100.100)
ip address print
ip address remove 0
ip address add address=192.168.1.20/24 broadcast=192.168.1.255 interface=ether1
ip address add address=172.16.100.100/24 broadcast=172.16.100.255 interface=ether2
Langkah 2 : Setting Mikrotik sebagai DNS Server
ip dns set primary-dns=192.168.1.1. allow-remote-requests=yes
Langkah 3 : Setting  DHCP Server
ip pool add name=DHCP ranges=172.16.100.10-172.16.100.100 ( copy-from) next-pool range
ip dhcp-server add name=DHCP-Main add-arp=yes disabled=no intterface=ether2 address-pool=DHCP
Langkah 4 : Membuat IP-Pool untk Penggunaan PPoE Server
ip pool add name=ppoe-pool ranges=10.10.10.10-10.10.10.100
Langkah 5 : Membuat PPoE Server
interface pppoe-server server add interface=ether2 max-mtu=1488 maxmru=1488 keepalive-timeout=disabled one-session-per-host=yes max-session=0 default-profile=default authentication=pap disabled=no
Langkah 6 : Membuat Profile PPoE Server
ppp profile add name=pppoe-profile local-address=10.10.10.1 remote-address=pppoe-pool dns-server=10.10.10.1 rate-limit=512k/512k
Langkah 7 : Setting Firewall
ip friewall nat add chain=srcnat src-address-list=10.10.10.0/24 action=masquerade
Langkah 8 : Menambahkan Route
ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway 192.168.1.1
ppp secret add name=test password=test profile=pppoe-profile

 

pustaka :  youtube