edisi utek werstan


ceritanya ketika minggu pagi saat antar jemput anak pergi pijet tiba-tiba hujan lebat, mau tidak mau harus menyalakan AC,

tiba-tiba saja di tengah jalan blower AC si blue tidak mengeluarkan hembusan angin dingin sama sekali, dicoba-coba, ternyata dan ternyata hanya mau nyala di speed ke-4,

setelah browsing dan tanya-tanya di grup W.A, prospek kerusakan ada di werstan ( werstan istilah indo apa english belum tau yang jelas istilah ini hanya ada di websearch indo saja ) atau istilah umumnya resistor blower, karena hari minggu libur, langsung deh ane cari-cari posisi werstannya, si sekitar dashboard, sampai siang belum ketemu juga posisinya sampai salah 1 temen di w.a FJC bilang posisinya di bawah blower, tapi mau melepasnya lumayan susah, alias kenceng banget skrupnya, sampai hari seninnya berhasil dibuka.

secara saya pernah kuliah di bidang elektro, penasaran sama ni werstan, kalo hanya resistor, mengapa harus pergi ke bengkel, pikir saya pasang sendiri pasti bisa.

brosing sana sini, sedikit pengetahuan tentang werstan ternyata secara definisi indo adalah resistor blower yang fungsinya mengatur kecepatan blower pada AC mobil, singkat cerita, jika digambarkan skematik  seperti di bawah ini

201610230917371

img_20161024_0926001
standart wiring AC mazda ford 80-90an

 

Printing from Tmplt6.htmcontoh gambar standart warna kabel produk lain ==>

namun ternyata setelah dilihat, werstan ternyata bukan resistor biasa yang ada di pasaran, yaitu berupa lilitan nikelin yang memanjang, jadi semakin panjang semakin besar pula nilai resistansinya

setelah dicek menggunakan Avometer, ternyata  betul hanya terhubung di no.4 saja,

berarti ada kemungkinan ada lilitan antara 3 dan 4 yang putus,

setelah dicek satu persatu lilitan antara note 3 dan 4 ternyata betul ada 1 ulir yang patah,

terlihat bekas pernah disoder, terpaksa buang 1 ulir dan merenggangkan yang lain agar bisa disambung dengan disoder kembali, memang sih, menyambung timah dan nikelin susah, tapi mau  bagaimana lagi, biar bisa dipakai sampai sementara waktu, dan yang penting buat saya adalah self doing dan self learningnya.

img_20161024_2203361.

ini hasilnya.

Setelah dipasang lagi di dsshboard si blue, Alhamdulillah, no problem, malah blower sedikit lebih cepat karema resistor berkurang 1 ulir.

save +/- 150 rb😀

img_20161019_0559051

In Shaa Allah siap antar jemput anak, istri dan keluarga kemana-mana lagi.

 

 

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Salam GRSS

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s