The Blue n Blue


img_20160916_171942ceritanya masih di  tunggangan nih, yups tepatnya duet antara duo blue  heheheh

sebelum dunia berputar lagi, setidaknya kan ada banyak cerita2 bareng si dedek sewaktu-waktu bisa dibawa jalan2 pakai si duo ini,

ok balik ke The blue…

bukan karena mobilnya yang tampilannya masih jadul,  yup betul.. masih motuba banget.

tapi .. tapi dan tapi jangan salah.. ngomongin Ford laser GL, jangan berpikir tentang brand Ford-nya. mungkin diantara agan/sist banyak yang tidak  setuju atau tidak berminat untuk meminang Ford bekas apalagi dibilang seri eks taxi.  tetapi pemikiran orang boleh berbeda, tapi kali saya ingin berbicara fakta, bukan pemikiran, karena sampai detik saya corat coret disini, sudah hampir 3 tahun didampingi si FL biru walaupun hanya sebagai pelengkap armada keluarga.

sekilas tentang Ford,

Ford Laser GL adalah mobil yang diproduksi oleh Ford motor dengan melakukan rebranding Mazda 323 Elite dan trendy, mungkin lebih lengkapny agan googling aja ya…

jadi ceritanya sekitar tahun 1983-an kalau tidak salah, Ford karena kebingungan mendesain mobil yang cocok untuk pasar asia akhirnya membeli saham mazda yang berujung pada diproduksinya seri-seri mazda 323 626 mempunyai kemiripan platform hingga body part dengan  Ford laser dan ford telstar.

Karena masih satu platform dengan Mazda 323 Interplay, tidak heran kalau sparepart antar keduanya bisa saling bertukar. Untuk Ford Laser Gala 1600cc bisa saling tukar sparepartnya dengan Mazda Interplay atau Timor SOHC. Sedangkan untuk Ford Laser Champ bisa saling tukar dengan Mazda 323F alias Astina. Khusus untuk Ford Laser Sonic, karena memakai mesin B3 1300cc hampir tidak ada padanannya. Perlu diingat part mesin B3 berbeda jauh dengan Ford Laser GL 1300cc yang memakai mesin E3 dan E5 untuk yang bermesin 1500cc.

Di indonesia Ford laser GL kebanyakan digunakan oleh armada taxi, tentu ada plus minusnya, plusnya part-nya murah dan bejibun di kota2 besar tanah air sampai saat ini, minusnya  mazda kena imbas isu ex taxi.

tapi buat saya, tidak masalah ex taxi, asal tahunnya masi belum udzur dan telah megalami restorasi abis-abisan.  tengok saja  jok-nya yg baru dibekled, catnya yang sudah bukan abu-abu, nada mesinnya  yang masih khas mobil amrik,  kaki-kakinya yang embuk bila dibandingkan dengan hatchback dan yang penting bandel.

kebetulan saya pernah mobil-mobil merek lain sebelum si FL ini, pada mobil-mobil sebelumnya entah karena usia atau apalah..kebetulan juga pernah bolak-balik mogok di jalan dan harus panggil bengkel dan harga part yang mahal,  tapi itu semua tidak terjadi lagi saat saya pakail FL, mungkin karena faktor U tadi  kali ya..  :D, karena saya tidak berkompeten untung ngobrolin engine atau lifetime😉.

tapi yang jelas, nilai keekonomian mobil ini pada saatnya merajai semua armada taxi tanah air, para operator pada saa itu pasti telah jauh-jauh hari menghitung kehandalan dan efisiensi yang ada pada setiap armadanya,  karena mereka tidak mungkin menggunakan armada yg besar di perawatan  dan boros BBM. terbukti di usianya yang hampir 20 tahun ini si Blue dengan menggunakan jenis BBM pertalite mengkonsumsi 1:15 BBM luar kota.

walaupun bukan mobil hoby, Ford Laser saat ini sudah punya komunitas yang sangat besar, untuk skala nasionanl katakanlah Ford Laser Club Indonesia ( Flock), untuk kawasa ada FJC ( Ford Jatim Community), FolTis ( Ford Laser  tiyang Solo ),  FLJC dsb. bahkan FJC yang punya  moto GRSS ( H=Guyub rukun Seduluran selawase ) ini sekarang sekarang  semakin besar karena hampir di setiap kabupaen/kota di jatim punya komunitas-komunitas pecinta ford laser yang bernaung dibawah FJC.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s