Setting Modem E63 untuk 3ad three pada Ubuntu 10.04 Lucid Lync


Sudah hampir dua tahunan menggunakan ubuntu 10.04 sebagai OS sekunder, tapi baru sekarang punya GSM modem, itupun HP Gsm yang saya pakai sebagai modem

kali ini saya mencoba layanan Internet juara yang digemborkan operator three indonesia.

Normalnya.. modem GSM sudah bisa terdeteksi dengan baik jika kita kita sudah melakukan instalasi usb_modeswitch melalui Synaptic Package Manager (System–>>Administration–>Synaptic Package Manager → dengan memberi tanda centang dan install)

inget, instalasinya juga butuh internet — > advice saya, di wifi-zone/pakai dia-up atau Lan kantor/warnet saja.

Jika telah sukses terinstall, pada blok kanan atas, tepatnya pada sisi networking

Setelah itu akan muncul tampilan New Mobile Broadband Connection –> sebelum forward yakinkan broadband device telah dipilih pada contoh saya pilih Nokia E63 / MTK 6225 (device yang saya pakai). kemudian forward –> selanjutnya pilih Provider’s Country –> setelah forward maka akan muncul list provider yang tersedia, jika 3 belum masuk list pilihlah manually untuk masukkan nama provider, selanjutkan forward –> pada kasus ini APN adalah 3data atau 3ad jiaka pakai internet juara lanjutkan dengan forward –> terakhir apply.

Setelah setting network connections selesai dilakukan lalu pilih mobile broadband yang terdeteksi pada network icon di taskbar untuk mengenablekan akses modem yang telah terinstall tadi. setelah muncul notification icon connection established dan akhirnya kita siap meluncur.

Namun ternyata.. karena operator yang saya gunakan sebelumnya adalah Telkomsel, rupanya masih ada error…, biar connection-nya udh established, ternyata modem E63 saya belum bisa browsing,,

ternyata ini solusinya:

pastikan temen-temen udah install vwdial melalui synaptic package manager

kemudian edit file /etc/wvdial.conf

kira2.. konfigurasi yang saya pakai seperti ini

[Dialer Defaults]

Init1 = ATZ

Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2

init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”3ad” #====== > yang ini sesuaikan dengan operatornya

Modem Type = USB Modem

Baud = 460800

New PPPD = yes

Modem = /dev/ttyACM0

ISDN = 0

Phone = *99#

Password =0

Username =0

kemudian simpan.

Kemudian coba lagi koneksi ke internet , hasilnya E63 (dengan internet juara saya udh bisa dibuat berselancar ,

berikut sedikit catatan ekstra.. jika temen-temen pakai operator lain…, untuk line ==> init3 = …. pada konfigurasi diatas

semoga bermanfaat

Untuk IM3 : AT+CGDCONT=1,”IP”,www.indosat-m3.net”

Untuk AXIS : AT+CGDCONT=1,”IP”,”AXIS”

Untuk Mentari : AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”

Untuk Simpati : AT+CGDCONT=1,”IP”,”telkomsel”

Untuk XL : AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.xlgprs.net”

untuk three : AT+CGDCONT=1,”IP”,”3gprs”

untuk internet juara three : AT+CGDCONT=1,”IP”,”3ad”

# untuk pengguna windows.. 3ad juga perlu mengedit extra initialization sesuai operator diatas melalui device Manager==>Modem Properties ==> Advance

##catatan lain

Sampai saya menuliskan post ini, HP Cross CG 58A ane ( ponsel lokal dengan series prosesor MTK 6225 buatan taiwan), belum bisa jalan dengan baik dengan cara diatas walaupun series modem-nya udh terdeteksi di Ubuntu Lucid lync sebagai Modem MTK 6225…

saya coba lanjutkan pada post berikutnya.. sambil belajar😀

ohy satu lagi, untuk pengguna modem Hhawei E153 sebelumnya, bisa dipakai /diinnstall dengan cara diatas, setau saya, tanpa memodifikasi vwdial.conf udh bisa jalan.

Tinggalkan Balasan

