Perbedaan Opera Mini dan Opera Mobile


Opera Mini

Opera Mini adalah sebuah web browser gratis dari Opera yang didesain khusus untuk digunakan di ponsel, smartphone maupun PDA yang support dengan Java ME (J2ME). Saat ini telah mencapai versi 5.1 dan telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Saat menggunakan Opera Mini, ketika suatu halaman website dibuka sesungguhnya halaman website tersebut tidak langsung diunduh ke ponsel Anda. Tetapi halaman website tersebut diunduh dahulu oleh server Opera Mini yang berada di Norwegia dan Amerika, kemudian dimampatkan hingga 90% (atau lebih) baru kemudian dikirim ke ponsel Anda dalam format OPML yang hanya bisa dibaca oleh Opera Mini.

Setelah masuk ke ponsel, baru kemudian website tersebut ditampilkan di layar ponsel Anda dengan tampilan yang sama persis (atau mendekati) tampilan website ketika diakses menggunakan browser di komputer (PC/laptop).

Dengan demikian aksesnya akan cukup cepat dan jika Anda menggunakan koneksi internet berdasar kuota (perhitungan tarif koneksi internet sesuai dengan  dengan besarnya data yang dikirim/diterima) maka Opera Mini akan sangat menghemat pulsa Anda.

Opera Mobile

Opera Mobile adalah browser Opera yang bisa diinstal di ponsel dengan sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Opera Mobile ini mempunyai kinerja serta fungsi yang sama persis dengan browser Opera di komputer sehingga browser ini bisa menjalankan JavaScript dan bisa menampilkan website yang menggunakan AJAX dengan baik.

Ketika suatu halaman website dibuka menggunakan Opera Mobile, konten dari website tersebut  akan langsung masuk ke ponsel seperti halnya ketika kita membuka website menggunakan browser di komputer –tanpa dikompres dahulu.

Opera Mobile support dengan widget sehingga Anda bisa menginstal widget di ponsel untuk berbagai keperluan seperti RSS feed, Twitter, ramalan cuaca dan lain-lain. Setelah diinstal, Anda bisa menggunakan widget tersebut tanpa harus membuka Opera Mobile terlebih dahulu.

Pilih Mana?

Mana yang terbaik? Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Jika Anda pengguna ponsel dengan sistem operasi Symbian atau Windows Mobile, Anda bisa menginstal Opera Mobile di ponsel/PDA yang Anda miliki. Namun perlu diingat bahwa Opera Mobile tidak melakukan kompresi terhadap website yang dibuka, sehingga Anda harus waspada dengan pulsa yang digunakan.

Tetapi jika Anda berlangganan paket data  dari operator ponsel, maka Opera Mobile adalah  pilihan terbaik karena penjelajahan web di ponsel akan memberikan kenyamanan yang sama dengan ketika menjelajah web di komputer — kecuali masalah ukuran layar.

Bagi pengguna ponsel yang tidak menggunakan  sistem operasi Symbian atau Windows Mobile, Anda bisa menginstal Opera Mini di ponsel Anda selama ponsel mendukung Java ME (J2ME).  Selain tidak membutuhkan ponsel dengan spesifikasi tinggi, Opera Mini akan menghemat pulsa Anda karena website yang Anda buka akan dikompres dahulu sebelum ditampilkan di ponsel.

Kemudian ada pertanyaan:  Apakah Opera Mini bisa diinstal di ponsel dengan sistem operasi Symbian atau Windows Mobile? Tentu saja bisa, selama ponsel tersebut mendukung Java ME (J2ME).

Selamat berselancar!

Incoming search terms:

  • perbedaan opera mini dan opera mobile
  • beda opera mini dan opera mobile
  • perbedaan opera mini dengan opera mobile
  • beda opera mini mobile
  • beda opera mini dengan opera mobile
  • bedanya opera mini dan opera mobile
  • opera mini opera mobile perbedaan
  • beda opera mobile dan opera mini
  • apa beda opera mini dan opera mobile
  • perbedaan opera mini dan mobile

Dikutip Dari http://www.opera-id.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s