Berbicara tentang WiMAX


images
Ngomongin tentang akses internet, kita punya 3 pilihan yang berbeda

– Broadband access – contohnya dirumah DSL atau modem via kabel, di Kantor mungkin ada yang
pake jaringan T1 atau T3 (europe)
– Wifi access – di rumah contohnya Wifi Router sehingga kita bisa surfing web ketika bersantai di laptop kita, Wifi juga banyak tersedia di jalan umum ( Wifi hotspot ), begitu juga di restoran, hotel warung kopi maupun perpustakaan.

– Dial-up access – jaringan existing lama yang masih dipakai, tapi sampai saat ini belum
ada broadband access melalui jaringan ini.

Kendala akses broadband adalah biayanya yang masih mahal dan coverage-nya yang belum luas.
kendala utama Wifi selama ini hanya menjangkau hot spot yang kecil, atau jarang node-nya ada.

Apakah teknologi baru mampu mengatasi masalah tersebut? bisa saja jika teknologi tersebut
memenuhi:

* Broadband berkecepatan tinggi
* Akses nirkabel yang lebih bagus dari akses kabel, sehingga tidaklah lebih mahal ketimbang kabel atupun DSL dan lebih mudah untuk memperluas layanan ke daerah suburban maupun ke
daerah yang padat.
* Coverage yang luas, seperti area jaringan telpon seluler yang menggantikan Wifi hotspot yang kecil.

Sistem ini kemudian datang dengan nama WiMAX. WiMAX merupakan kepanjangan dari Short for
Worldwide Interoperability for Microwave Access yang juga distandardisasi oleh IEEE dengan
nama 802.16.

WIMAX merupakan sistem komunikasi digital tapa kabel yang dikenal IEEE 806.16, yang bisa mencakup wireless “metropolitan area networks”. WIMAX dapat dikembangkan sebagai broadband wireless access (BWA) hingga 30 mil ( 50 km) untuk fixed station, dan 3-10 mil ( 5-15 km) untuk mobile station. Sebagai embanding, WiFi/802.11 sebagai standart wlan terbatas pada akses hanya 100 – 300 kaki (30-100m).

Dengan WimAX, pasti WiFi pasti telah support, bahka dengan tingkat interferensi yang lebih rendah. WiMAX bisa beroperasi baik di band frekuensi bebas maupun berijin, membangun sebuah lingkungan teratur dan sehat bagi wireless carrier.

WIMAX dapat dipakai untuk keperluan jaringan nirkabel sebagaimana banyak aplikasi yang dipakai pada protokol WiFI. WimAX adalah protokol generasi kedua yang memanfaatkan Bandwidth yang lebih efisien, bebas interferensi, dan mampu melewatkan data dengan kecepatan tinggi pada jarak yang lebih jauh.

Standardisasi IEEE 802.16 menjelaskan technical feature dari protokol komunikasinya. Forum WIMAX menawarkan uji kelayakan perangkat pabrikan untuk kompabilitas dan interoperasi selayaknya kelompok industri mengarah pengembangan yang cepat dan komersialisasi teknologi.

———————-
WiMAX Wireless Network
———————-

Dalam praktik, WiMAX akan beropesai sama sebagimana WIFI pada kecepatan yang lebih tinggi, melalui wilayah yang lebih luas dan jumlah pengguna yang lebih banyak. WIMAX mampu mengurangi ketertinggalan dan daerah padat tak terjangkau yang mungkin belum terjangkau oleh akses jaringan internet broadband karena perusahan telepon dan kabel tak mampu menjangkau wilayah wilayah terpencil dan rumit seperti itu.

dua bagian penting pada WiMAX
* WIMAX tower, Konsep yang dipakai sama pada sebuah cell-phone tower – Sebuah tower WiMAX dapat mengkover sebuah area yang luas kira hingga 3.000 mile persegi (~ 8.000 km persegi )
* Penerima WiMAX – Penerima dan antenna-nya bisa berupa kotak box yang berukuran kecil ataupun berupa PCMCIA card atau berupa seukiran WiFI sebagaimana pada WiFi.

Stasiun wimax terhubung langsung ke Internet menggunakan high-bandwidth, hubungan kabel ( biasa, ataupun T3 line). Bisa juga dihubungkan dengan tower WiMAX yang lain menggunakan line-of sight, hubungan microwave. Hubungan ke tower ke-2 ini (biasanya dikatakan backhaul), sepanjang kemapuan tower tunggal mengkover hingga 3000 mil persegi.

Alasan WiMAX mampu mengembangkan 2 bentuk layanan wireless:

* Ada non-line-of-sight, Wifi adalah layanan pendek dimana memanfaatkan antenna kecil pada komputer kita untuk terhubung ke Tower. pada mode ini, WiMAX menggunakan range frekuensi yang lebih rendah — 2 GHz hingga 11 GHZ (sama dengan Wifi), Panjang gelombang yang lebih kecil pada pemancar tidaklah mudah terganggu oleh penghalang fisik — lebih mudah memantul, atau membelok, melewati halangan.

* ada layanan line-of-sight, dimana antena fix untuk pointing lurus dengan Tower Wimax dari atap atau pole-nnya. Hubungan line-of sight jauh lebih kuat dan stabil dan mampu mengirimkan banyak data dengan error yang kecil. Transmisi Line-of-sight menggunakan frekmuensi yang lebih tinggi dengan range cakupan memungkinkan 66 GHz. pada frekuensi yang lebih tinggi, terdapat interferensi yang lebih rendah dan menghabiskan lebih banyak bandwidth.

Umumnya akses WiFi dibatasi hingga radius 4 sampai 6 mil ( mungkin 25 mil persegi atau 65 km persegi dari coverage, sama dengan range zona telpon seluler). Dengan antenna line-of-sight, stasiun pemancar akan mengirim data ke WIMAX-enable computer (penerima) atau ruter yang telah tersusun dengan pemancar pada radius 30 mil (coverage 2.800 mil persegi atau 9.300 km persegi). pada jarak ini WiMAX bisa mencapai range maximum.

———-

WiMAX Coverage and Speed
———-
Intel Paves The Way
Intel akan mulai membuat Laptop Centrino mereka yang telah WiMAX-enabled dalam satu dua tahun ke depan. Tentu ini akan mendukung perjalanan WiMAX. jika setiap laptop telah support WiMAX ( diperkirakan pada 2008), tentu akan mengurangi resiko biaya bagi para penyelenggara base station WiMAX, Intel juga telah mengumumkan akan berpartner dengan sebuah perusahaan Clearwireuntuk mempercepat perkembangan WiMAX. ClearWire mempersiapkan pengiriman data dari WiMax menuju Modem Wireless berukuran kecil.
———–

WIMAX bekerja dengan prinsip-prinsip yang sama dengam WiFI — mengirimkan data dari komputer ke komputer lainnya via sinyal radio. Komputer maupun laptop yang dilengkapi dengan WIMAX akan menerima data dari pemancar WIMAX mugkin dengan data terenkripsi untuk menghindari unauthorized user (penyadap atupun pengguna tak dikenal) atau kebobolanSaluran WiFI tercepat dapat memancarkan hingga 54 megabit per detik pada kondisi optimal.

WIMAX mestinya bisa menghandle 70 megabits tiap detiknya. Mungkin kerapkali 70 megabit ini kemudian dipecah diantara beberapa bagian keperluan bisnis atau ratusan user, atau sama dengan kemampuan hubungan kabel modem pada tiap usernya.

Namun yang membuat WIMAX beda bukanlah kecepatannya tapi jarak coverage-nya. WIMAX mampu menutupi keterbatasan WIFI hingga bermil mil. Range WiFI hanya 100 kaki (30 m). WiMAX akan menutup radius 30 mil (50 km) dengan wireless access. Dengan berkembangnya penggunaan/permintaan frekuensi dan daya pancar. Pastilah, jarak, lintasan, cuaca dan bangunan besar bisa diatasi, tapi tetap potensial untuk mengkover track yang besar.

Spesifikasi IEEE 802.16
* range radius 30 mil (50 km) dari base stasiun
* Speed – 70 megabit tisp detik
* tidak perlu Line-of-sight antar pengguna dan base station
* Pita frekuensi – 2 hingga 11 GHz dan 10 hingga 66 GHz (berijin dan frekuesi bebas)
* Mengenali baik MAC dan PHY layer dan bisa menerapkan multiple PHY-layer .

——————
Teknologi WiMAX di Perumahan
————————–

Misal sebuah provider Internet memasang base station WiMAX berjarak 10 mil dari rumah/komputer. Jika kita ingin terhubung kita harus memiliki sebuah WiMAX-enabled computer ( Komputer yang support beserta perangkat Wimax-nya) atau mengupgrade komputer lama dengan menambahkan perangkat WiMAX. Saat mencoba terhubung kita akan menerima kode enkripsi yang akan memberi akses ke Base station. Base station akan membawa data dari internet ke komputer kita ( pada kecepatan yanglebih tinggi ketimbang kabel modem kita sekarang), dengan cara berbayar bulanan, namun pastinya bianya lebih murah ketimbang yang memakai kabel.

Skala Jaringan
Skala jaringan terkecil adalah area jaringan individu atau personal area network (PAN). sebuah PAN mengijinkan perangkat terhubung satu sama lainnya dalam jarak yang berdekatan. PAN yang paling sering kita liah adalah bluetooth.

Jaringan yang sedikit lebih besar dari PAN adalah LAN ( local area network). sebuah LAN mengijinkan setiap perangkat saling berbagi informasi, tapi masih terbatas pada area terpusat yang kecil, misal kantor cabang atupun kantor pusat, kafe ataupun rumah. Sekarang telah bnayk LAN terkoneksi tanpa kabel menggunakan WiFi.

standart skala jaringan

(MAN) Menghubungkan perangkat kira-kira
Metropolitan Area Network IEEE 802.16 radius 30 Mil

(LAN) Menghubungkan perangkat kira-kira
Local Area Network IEEE 802.11 radius 300 kaki

(PAN) Menghubungkan perangkat kira-kira
Personal Area Network IEEE 802.15 radius 23 kaki

Jika kita telah punya jaringan sendiri, tidaklah kemudian mengubah konfigurasinya terlalu banyak. Ruter Base station WiMAX, yang mengirimkan data ke berbagai komputer pada jaringan kita. Kita bisa melakukan konfigurasi dengan menngunakan ruter.

Ke depan WimAX tidak cuma menjadi anacaman bagi penyedia layanan DSL ataupun berbasism modem
yang lain, protokol WiMAX juga telah didesain mampu memamnfaatkan beberapa metode pengiriman
data, salah satunya semisal Voip ( Voice Over Internet Protocol ). Voip bisa membuat seseorang mampu melakukan percakapan lokan, jarak-jauh hingga percakapan internasional melalui saluran pita lebar ( broadband internet connection ), melalui perusahaan telpon.

Suatu saat jika Wi-MAX sudah menjadi popular, maka penggunaan VoiP-pun akan meningkat pesat, sehingga kita bisa berbicara lewat laptop.

Referensi:
http://computer.howstuffworks.com/wimax.htm
http://www.wimax.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s