Bikin Web dengan CMS


Pingin punya web? tidak pernah kuliah komputer? udah gak usah bingung sekarang udah ada CMS / singkatan dari Content Management System.
Jadi isi web tersebut bisa dicustomisasi. Contohnya adalah PHPNuke, PostNuke, Mambo Server, dll
Website yang menerapkan system membership memang memiliki beberapa tingkatan user yang memiliki otoritas yang berbeda.

Misal website e-learning. Disitu minimal ada 4 user yang berbeda yaitu :
1. User Guest artinya pengungjung biasa.
2. User Member dalam arti adalah peserta kursus di e-learning tsb. Peserta tersebut harus mendaftar dulu untuk mendapatkan username dan password loginnya.
3. User Pengajar. User ini bertugas untuk memasukan tes, menilai dari kursus yang diikuti oleh member
4. User admin. User ini berfungsi untuk melakukan pemasukan nilai, membuat pengumuman dan mengadministrasi data member.
gw gak mau ngereferensikan CMS mana yang baik, sekali lagi gw bukan pakarnya kalo begituan, tapi beberapa CMS pernah gw install, kl kamu2 mo pake CMS pertimbangkan dulu fitur dan layanan yang disediakan oleh webhosting. ada CMS skala kecil misal quick CMS, razor, pluck ,Limbo hingga CMS dengan layanan komplek seperti, mambo, drupal, Joomla, quicker dll.

rata-rata CMS yang saya sebutkan diatas berlisensi GPL (General Public Liscense), artinya kita dapat mendownload, mencopy  dan menggunakannya namun dengan catatan tetap mencantumkan nama pembuatnya.

Rata-rata CMS dibuat dalam 2 bahasa pemrograman yaitu bahasa PHP dan Asp. CMS bebahasa PHP memang saat ini sedang mendominasi jutaan situs web didunia, karena banyaknya webhosting yang mensupport layanan berbasis Apache webserver, sedangkan pesaingnya adalah CMs berbasis ASP yang dijalankan pada server IIS (berbasis Windows).

CMS kecil rata-rata menyimpan datanya berupa text, mulai dari penyimpanan dengan membuat File baru, textdb, Flat-File db dan db versi programmer masing-masing CMS.

Sedangkan CMS skala besar menggunakan database sql sebagai media penyimpan datanya, misal drupal, joomla, mambo, elite memanfaatkan mysql server,  quickerlite menggunakan database MS ACCESS,  dan ada banyak juga yang memanfaatkan MS SQL (rata2 berbasis Asp).

Berikut nama-nama CMS yang pernah saya coba

Quick.cms, razor, Pluck, Pivot(weblog), nano cms, bloofox, bluo, cms tajum (indo), cnr, Gunther, Limbo (lite mambo), JAF CMS, micro CMS, typo, myupb (forum), smf (forum), drupal, mambo, joomla dsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s